Login

Invalid or Broken rss link.

Profile Pengajar

S3-ILMU LINGKUNGAN

 

Kalimantan Timur adalah kawasan yang sangat spesifik karena merupakan salah satu kawasan hutan tropis terbesar di dunia yang menjadi perhatian dunia untuk tetap dipertahankan fungsinya sebagai paru-paru dunia. Di lain pihak, tingginya potensi sumberdaya alam berupa hasil hutan, tambang, dan migas, pertanian, dan plasma nutfah yang berpotensi sebagai komoditas dengan nilai ekonomi tinggi di masa depan (bioeconomic) di kawasan tersebut mengundang banyak pihak termasuk pelaku usaha manca negara untuk mengambil manfaat ekonominya. Dua kepentingan tersebut memerlukan data dan analisis yang akurat sehingga keduanya mampu mencapai titik temu untuk pembangunan yang berkelanjutan.

Alasan tersebut di atas merupakan tujuan sekaligus manfaat dibukanya Program Doktor Ilmu Lingkungan pada Universitas Mulawarman. Manfaat dari dibukanya Program Doktor Ilmu Lingkungan pada Universitas Mulawarman berorientasi pada lingkungan tropis lembab.

Manfaat bagi institusi adalah untuk meningkatkan SDM Pergruan Tinggi (Unmul) dengan memberikan kesempatan kepada staf dosen yang sudah bergelar magister untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang S3 (doktor).

Manfaat bagi masyarakat adalah menghasilkan sumberdaya manusia yang mempunyai kompetensi dalam pengelolaan lingkungan dan sumberdaya alam, khususnya yang berkaitan dengan lingkungan tropis lembab.

Misi Pogram Pascasarjana Doktor Ilmu Lingkungan Universitas Mulawarman :

1. Membantu pemerintah untuk menjalankan kewajibannya menyelenggarakan pendidikan tinggi secara merata ke berbagai daerah.

2. Membantu pemerintah di dalam melakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

3. Meningkatkan kerjasama studi/riset dengan universitas/ pemerintah/LSM, baik di dalam maupun manca negara yang menaruh perhatian besar terhadap lingkungan tropis lembab.


Program S3 (Doktor) Program Studi Ilmu Lingkungan, Saat ini masih dalam proses Pengajuan izin Penyelenggaraan Oleh DIKTI (5 September 2017), dan akan dibuka secara resmi setelah Ijin Resmi Diberikan.

Keunggulan program studi Program Doktor Ilmu Lingkungan yang diusulkan ini antara lain: (1) pengembangannya akan disesuaikan dengan Pola Ilmiah Pokok Unmul, yaitu hutan tropis lembab yang belum dimiliki/belum ada di perguruan tinggi lain di Indonesia; dan (2) ilmu lingkungan merupakan disiplin yang masih relatif baru, sehingga pengembangannya masih sangat terbuka.

Capaian pembelajaran yang akan ditetapkan disesuaikan dengan capaian level 9 pada KKNI, yaitu fokus pada pengembagan filosofis keilmuan tertinggi di mana pencapaian kualifikasi lulusannya dilakukan melalui pengalaman atau belajar mandiri (melalui analisis dan riset).

 

Penentuan bidang kajian ilmu lingkungan dengan kekhususan hutan tropis lembab dan lingkungan dinilai sebagai keunggulan yang ditawarkan oleh Program Doktor Ilmu Lingkugan Unmul karena ia merupakan satu-satunya Program Doktor dengan kekhususan tersebut. Kekuatan ini menjadi lebih nyata dengan posisi Unmul yang terletak dalam lingkungan hutan tropis lembab, serta pengalaman Unmul dalam menjalin kerjasama internasional utamanya dengan Jerman, Jepang, dan Amerika Serikat dalam studi dan riset hutan tropika lembab dan lingkungannya.

Berbagai studi dan riset tentang hutan tropis lembab dan lingkungannya telah dilakukan oleh para dosen yang nantinya ditugaskan untuk mengelola Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan. Hasil studi dan riset tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal internasional.

 

Info dan Kontak :

Program Studi S3 Ilmu Lingkungan Universitas Mulawarman

Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123,
Telpon/Fax: (0541) – 749160

Website: http://pasca.unmul.ac.id

August 2020
S M T W T F S
26 27 28 29 30 31 1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31 1 2 3 4 5

SFbBox by enter-logic-seo.gr

Follow  pps_unmul on Twitter Follow pps_unmul on Twitter
3.png4.png1.png3.png0.png6.png
Today29
Yesterday127
This week29
This month2287
Total341306

  • IP: 75.101.173.236
  • Browser: unknown
  • Browser Version: unknown
  • Operating System: unknown

1
Online

Monday, 10 August 2020 06:45

Info Beasiswa » Beasiswa S2

Computational Biology and Bioinformatics

Invalid or Broken rss link.

Info Beasiswa » Beasiswa S3