Tahun Akademik 2022/2023

Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan

Pascasarjana Universitas Mulawarman

Dasar Hukum

  1. Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor:  267/KPT/I/2019, tentang Penetapan Pascasarjana Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan Universitas Mulawarman
  2. Peraturan Rektor Universitas Mulawarman Nomor 17 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar

Waktu dan Biaya Pendaftaran

Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui laman https://pmb.unmul.ac.id

  • Pendaftaran   Gel. I  : 07 Februari—30 April 2022
  • Tes TPA & TOEFL       : 10 Mei 2022
  • Wawancara      :  11 – 14 Mei 2022
  • Pengumuman        : 28 Mei 2022
  • Pendaftaran Gel. II : 13 Februari – 4 Juni 2022
  • Tes TPA & TOEFL : 13 Juni 2022
  • Wawancara : 14 – 18 Juni 2022
  • Pengumuman : 30 Juni 2022
  • Matrikulasi:  Juli 2022
  • Perkuliahan          :  8 Agustus 2022

Biaya Pendaftaran : Rp. 1.000.000,-

Biaya UKT Reguler : Rp. 17.000.000,-

Biaya UKT Profesional : Rp. 17.500.000,-

Pembayaran Dapat Dilakukan Melalui Teller Bank mitra Unmul (BNI, BTN, Muamalat, Ban Kaltim, Mandiri), melalui ATM dan Internet Banking (cek laman pmb.unmul.ac.id/carabayar)

Persyaratan Pendaftaran

     Warga Negara Indonesia (WNI) atau Warga Negara Asing (WNA) yang telah mendapatkan ijin belajar dari Kemenristekdikti.

  1. Mempunyai ijazah pendidikan Strata 2 dengan IPK minimal 3,25 (pada skala 0-4)
  2. Memiliki akun/ sudah terdaftar secara online pada laman web SPMB Unmul (https://pmb.unmul.ac.id/)
  3. Dinyatakan Lulus Tes Potensi Akademik dan MU-EPT. Bila nilai MU-EPT kurang dari 500, sanggup menjalani pelatihan Bahasa Inggris sehingga mendapatkan nilai MU-EPT minimal 500.
  4. Sanggup mengikuti semua tahapan proses belajar-mengajar sesuai dengan peraturan yang berlaku
  5. Mempunyai Surat Rekomendasi dari 2 (dua) orang Guru Besar.

Prosedur Pendaftaran

Calon Mahasiswa melakukan pendaftaran online pada laman Web https://pmb.unmul.ac.id/ pilih menu Account —> Account Pasca Sarjana, isi form dan klik Daftar. setelah akun diverifikasi peserta akan mendapat Total Biaya dan Kode Pembayaran. lakukan pembayaran biaya pendaftaran berdasarkan kode pembayaran pada mitra yaitu : Bank BNI, Bank BTN, Bank Muamalat, Bank Kaltimtara, atau Bank Mandiri. Kemudian Login pada laman https://pmb.unmul.ac.id/pasca/ dengan menggunakan No Peserta dan PIN yang tertera pada Bukti Pembayaran, Selanjutnya calon mahasiswa dapat mengunggah dokumen sbb:

  1. Formulir pendaftaran (silahkan unduh file berikut yang telah di isi dan ditandatangani.
  2. Pasfoto terbaru, Ukuran 4×6 dengan latar belakang merah
  3. Surat pernyataan memenuhi biaya pendidikan tepat waktu dari pelamar (bermeterai) bagi yang calon mahasiswa dengan biaya mandiri; atau Surat keterangan jaminan pemenuhan biaya pendidikan tepat waktu dari sponsor bagi calon mahasiswa dengan biaya sponsor.
  4. Surat Pernyataan sanggup berperilaku baik dan merencanakan lulus tepat waktu.
  5. Rencana singkat penelitian disertasi
  6. Surat motivasi
  7. Fotocopy ijazah dan transkrip S1 dan S2 yang telah dilegalisir
  8. Surat rekomendasi dari 2 (dua) Guru Besar

Informasi dan Layanan Pendaftaran

Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan

Pascasarjana Universitas Mulawarman

Jl. Sambaliung, Gedung A35 Kampus Gn. Kelua

Samarinda. 75119

Telp. (0541) 754 146

E-mail : sekretariat@pasca.unmul.ac.id

Gmaps: G5J6+Q2

Informasi dan Kontak:

Mardi Santoso        (0812 5006 6603)
Firman Nor (0863 8702 5502)
Helmi Mawardi (0812 5363 4777)

https://maps.google.com/maps?q=Pascasarjana%20Univ.%20Mulawarman%2C%20jalan%20sambaliung&t=m&z=17&output=embed&iwloc=near

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.